Senin, 03 Oktober 2011

Tips dan Trick Umpan Mancing Ikan Bawal


Mancing yukkk...
sekedar share aja pengalaman mancing bawal harian di empang tetangga. Dah beberapa kali mancing ikan bawal harian ternyata punya tingkat kesulitan tersendiri. Beda dengan mancing galatama yg ikannya banyak. Ikan bawal memang terkenal rakus, umpan apa saja bisa disambar.. istilah lebaynya sih klo kita lempar sandal aja bisa disambar. Tp beda ceritanya klo ikan yg ada dikolam cuma sedikit trus ikan bawal indukan yg biasanya susah bgt makan umpan.
Oke langsung aja.. setelah beberapa kali experimen dengan umpan alami spt: cacing, jangkrik, usus, ulat, bahkan pelet..hasilnya kurang memuaskan. Umpan cacing mungkin msh jadi favorit para pemancing di banding umpan2 yg lain. Setelah putar2 otak bolak balik sampe salto segala..hehehee. akhirnya dapet ide buat kombinasi agar umpan cacing yg saya pake lebih gagah dari pada umpan cacing pemancing laen.. caranya dengan memperkuat aroma cacing agar lebih merangsang ikan untuk makan umpan saya. Sala beli beberapa Essence anyir spt: tenggiri, udang, seafood, garlic..dll. Saya coba experimen setelah cacing saya pasang di pancing,sebelum dilempar saya olesi essence. Dari hasil beberapa kali percobaan ternyata essence garlic yg paling banyak mendapat sambutan ikan. Diakhir experimen ternyata Aroma garlic yg kuat mampu menggoyahkan keimanan se ekor bawal babon seberat 5 kg.. Behasi..Berhasil..Berhasil.. teriak Dora the explorer dalam filmnya...Hehee..
NB: untuk rangkaian pancing yg saya gunakan cukup sederhana. Ikan bawal yg terkenal mempunyai gigi tajam yg menyaingi tajamya gigi vampire sekalipun yg mampu memutuskan tali pancing para angler bawal. Kawat nekelin menurut saya kurang bgs karna karakternya yg kaku kurang memanjakan ikan buat makan umpan kita. saya coba menggunakan nilon atw senar PE (saya pake PE 8) hanya untuk mengikat pancingnya. karakternya yg lembut, kuat dan tidak kaku ternyata lbh disukai ikan..
Selamat Mencoba.. Klo tidak berhasil berarti Anda terlalu banyak dosa dan segeralah bertobatt...Haahhaaaa..

1 komentar: